Minggu, 01 November 2015

Saatnya Memahami Al Quran Apa Adanya

Islam di Indonesia betul-betul mengenaskan. Banyak pemeluknya yang tak tahu banyak tentang isi Al Quran. Kebanyakan pemeluk Islam di negeri ini, dari kecil berharap siraman rohani dari para ustad; belajar membaca Al Quran, sebatas belajar membaca tulisan Arab; setiap tahun, di bulan puasa, selalu khataman, tetapi tidak paham isinya. Sementara Al Quran terjemahan yang ada telah didogmatisasi oleh para penafsir, hingga yang diikuti bukan Al Quran itu sendiri melainkan pengarahan penafsir yang belum tentu benar. Lantas, bagaimana umat Islam bisa tahu, mengerti, memahami, dan menghayati Islam, jika Pedoman Dasarnya saja tak pernah dipelajari dan diketahui?

Ironisnya, begitu orang membaca arti Surat Al Baqoroh dalam Al Quran terjemahan, kebanyakan orang sudah berprasangka Al Quran itu berat dan mengerikan. Apalagi di dalamnya ada ayat tentang Qisos dan kewajiban berperang. Karena itu, isi Al Quran tak dibaca lagi, sehingga keindahan Firman Tuhan dan agamaNya jadi tak diketahui. Untungnya, banyak orang yang melihat keindahan itu pada pribadi dan cerita Rasululloh. Tapi efek buruknya, orang jadi mengagungkan Nabi Muhammad lebih dari sewajarnya. Maka tak mengherankan kalau orang barat menyebut Islam sebagai Muhammadisme, bukan Islam (keselamatan) yang adalah tujuan dari diturunkannya petunjuk Al Quran.

Tapi sudah saatnya sekarang, hati anda jadi lebih subur dan lembut oleh siraman Al Quran. Sudah saatnya sekarang, umat Islam benar-benar jadi Islam, karena kesadaran dan berbekal pengetahuan yang memadai. Sudah saatnya sekarang, mencocokkan ayat-ayat yang tertulis di dalam hati dan alam ini dengan yang tertera di dalam Kitab Suci. Berikut ini, akan ditampilkan terjemahan Al Quran apa adanya. Coba rasakan keindahan ayat-ayat Allah beserta segala isinya. Ayat-ayat inilah yang mengilhami banyak ilmuwan dan peneliti, hingga wajah dunia jadi seperti sekarang.

Al Quran diturunkan bukan hanya untuk umat Islam, tetapi untuk semua umat manusia. Karena itu, semua orang berhak tahu dan mempelajarinya. Yang disajikan dalam Al Quran adalah batasan-batasan, pengarahan pribadi, dan penataan masyarakat , serta hikmah alam dan realita kehidupan yang terdalam. Diharapkan, semua orang bisa mengambil pelajaran daripadanya, sehingga dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dan tak bersinggungan dengan hak dan kemerdekaan yang lain. Maka dari itu, bagi yang mau mengikuti dan menetapinya, dialah orang yang selamat (Islam). Bagi yang tak mau mengikuti, Allah tidak memaksa orang untuk bisa mendapatkan keselamatan, yang adalah untuk orang itu sendiri.

Beragama adalah hak dan kemerdekaan setiap orang dalam memilih antara yang baik dan yang buruk. Al Quran menganjurkan, menjalankan yang baik dan mencegah yang buruk, dimulai dari diri sendiri.  Dalam menetapi hal itu, Al Quran menyarankan untuk menyemai kebaikan dari benihnya dan mecegah benih-benih keburukan sampai didekati.

Agama Allah tidak membentuk orang menjadi sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah, namun dengan menetapi Al Quran, orang akan menjadi lengkap sebagai mahluk yang diciptkan dengan bentuk dan kelengkapan yang sebaik-baiknya. Untuk mencapai Islam (Keselamatan) tidak perlu keras dan kaku, tetapi mantap berpegang pada agama Yang Satu, percaya dan beriman pada Yang Satu, berpijak pada ilmu, dan menujukan semua amal semata karena Kehendak dan PerintahNya. Tetapi patut diingat bahwa, selama orang belum diwafatkan dalam keadaan khusnul khotimah, tak ada orang yang dijamin keislaman atau Keselamatannya. Oleh karena itu, sikap senantiasa tunduk dan berserah diri padaNya harus selalu dipupuk dan dijalankan.

Semoga yang tersaji bisa menjadi rahmat bagi kita sekalian. Semoga pula, semua bisa menoreh hikmah daripadanya. Sumber ayat-ayat ini diambil dari Al Quran digital versi 2.1.


UNTUK IKUT BERPARTISIPASI DALAM MENYEBARKAN RAHMAT INI, SILAHKAN SALURKAN SUMBANGAN ANDA DENGAN BELANJA KULINER, BAJU DAN PAKAIAN, HOBI DAN OLAH RAGA, OTOMOTIF, COMPUTER DAN LAPTOP, HP DAN GAGET, ALAT ELEKTRONIK, ATAU CAMERA DI LINK KAMI:

https://www.blibli.com/?a_blibid=56370027e9045 

 ATAU CUKUP DENGAN FOLOW, MEMBAGIKANNYA KE TEMAN-TEMAN ANDA DI JEJARING SOSIAL, ATAU BERI COMENT. SEBELUMNYA, KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH BANYAK ATAS PARTISIPASI ANDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar